Desain Pembelajaran Universal Design for Learning (UDL) Berbasis Adaptive E-Learning System Dalam Program Merdeka Belajar
Abstract
Perbedaan karakteristik dan gaya belajar peserta didik merupakan salah satu tantangan bagi pendidik untuk bisa memberikan kesempatan yang sama kepada peserta didik dalam proses belajar mengajar. Universal Design for Learning (UDL) merupakan desain pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dalam proses belajar mengajar. UDL memberikan kesempatan peserta didik untuk bisa memilih materi dan bahan ajar yang disesuaikan dengan gaya belajarnya dalam proses belajar mengajar. Materi dan bahan ajar juga harus mengalami penyesuaian dengan masing-masing individu. Oleh karena itu diperlukan penyesuaian materi dan bahan ajar menggunakan Adaptive E-Learning System. Adaptive E-Learning System dapat menentukan bagaimana karakteristik dan gaya belajar yang dimiliki peserta didik melalui tiga tahap proses yaitu user profile, user model, dan adaptation model. Model yang diberikan sesuai dengan karakteristik dan gaya belajar peserta didik akan membuat peserta didik belajar dengan lebih mudah. Sehingga dengan pembelajaran Universal Design for Learning berbasis Adaptive E-Learning System dapat memberikan proses belajar mengajar dan materi serta bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan gaya belajar peserta didik. Dengan kesesuaian tersebut akan membuat peserta didik bisa belajar secara tenang, nyaman dan bebas. Hal tersebut sejalan dengan program merdeka belajar yang merupakan inovasi dari Menteri Pendidikan Indonesia.