Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika SMP Negeri 3 Dan SMP Negeri 11 Kota Magelang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan di Indonesia yang mengalami berbagai perubahan dan pembaruan, salah satunya melalui penerapan kurikulum merdeka yang diimplementasikan mulai dai tahun 2022. Istilah kurikulum merdeka hadir saat pandemi COVID-19 tahun 2021 sebagai Solusi learning loss yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai permasalahan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika berdasarkan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kota Magelang dan SMP Negeri 11 Kota Magelang tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat keluhan dari guru kedua sekolah mengenai kualitas bahan ajar yang kurang sistematis dan tidak mengikuti urutan pembelajaran yang logis, 2) Guru kesulitan dalam menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa, 3) Guru tidak melaksanakan asesmen awal karena kekhawatiran bahwa asesmen awal akan memakan waktu yang berharga dalam proses pembelajaran.