Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Skincare Wardah Pada Mahasiswi Universitas Wijayakusuma Purwokerto
Abstract
Bisnis skincare berkembang dengan cepat pada berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di kota Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk, persepsi harga dan electronic word of mouth terhadap minat beli skincare Wardah pada mahasiswi Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Sampel sejumlah 100 responden diperoleh dengan metode non probability sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk, persepsi harga dan electronic word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli skincare Wardah pada mahasiswi Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Implikasi dalam penelitian ini 1) agar pihak manajemen skincare wardah dapat meningkatkan komunikasi tentang manfaat produk, memperbanyak konten yang menarik dengan tujuan meningkatkan minat beli konsumen, melakukan edukasi agar konsumen memahami cara penggunaan dan penyimpanan skincare yang tepat; 2) agar mahasiswi Universitas Wijayakusuma Purwokerto lebih teliti dalam memilih manfaat produk, karena Wardah memiliki beberapa produk dengan tingkatan manfaat dan harga. Peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel bebas lainnya seperti celebrity endorsment, influencer marketing, dan brand ambassador.