Pengembangan Website E-mentoring Berbasis DARP (Discuss, Archive, Reflect, and Prepare) Pada Guru Madrasah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-mentoring berbasis model DARP (Discuss, Archive, Reflect, Prepare) guna meningkatkan kompetensi guru madrasah dalam menghadapi tantangan era digital, seperti keterbatasan waktu, biaya, dan diseminasi hasil pelatihan. Model ini mengadopsi teori pembelajaran eksperimen Kolb, yang mencakup tahapan diskusi, pencatatan artefak, refleksi, dan persiapan, untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan pendekatan Research and Development (R&D) berbasis model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), penelitian menghasilkan prototipe website e-mentoring dirancang untuk memfasilitasi interaksi mentor dan mentee melalui fitur diskusi, arsip, refleksi, dan persiapan materi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa e-mentoring berbasis DARP dapat menjadi alternatif pendampingan yang relevan untuk mendukung pembelajaran online di era digital, namun penelitian masih memerlukan pengujian formatif guna memastikan efektivitas dan validitasnya.