Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar

  • Rika Sahdian Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ajo Sutarjo Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelejaran PJOK di Sekolah Dasar, serta mengidentifikasi dampaknya terhadap proses pembelajaran dan perekembangan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan pengumpulan data menggunakan referensi online, artikel, dan jurnal mengenai pembelajaran PJOK dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka. Adapun artikel dan jurnal yang digunakan dalam melengkapi penelitian ini harus sesuai dengan kriteria judul penelitian yang kemudian akan dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat diperoleh bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PJOK dapat memberikan dampak positif dimana kurikulum ini tidak hanya berfokus pada kebugaran jasmani, tetapi juga mengintegrasikan aspek-aspek kesehatan mental dan sosial. Namun, meskipun memiliki banyak potensi positif, implementasi Kurikulum Merdeka harus tetap memperhatikan aspek pelatihan dan kesiapan fasilitas sekolah, agar tujuan dari kurikulum ini benar-benar dapat tercapai dengan optimal.

Published
2024-12-28
How to Cite
PUTRI, Rika Sahdian; SUTARJO, Ajo. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 186-194, dec. 2024. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5797>. Date accessed: 26 july 2025.