Analisis Manajemen Pemasaran Pada PT. Jinwoo Engineering Indonesia Dengan Metode SWOT

  • Ariful Rahman Institut Teknologi Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mempelajari dan menelusuri strategi pemasaran untuk Perusahaan Industri Manufaktur yang dilakukan dengan metode analisis SWOT. Penelitian diambil pada PT. Jinwoo Engineering Indonesia dalam Lini Quality Control (QC) Dan Produksi. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik perusahaan serta wawancara dengan beberapa karyawan. Dalam penelitian ini diperoleh hasil Penelitian bersangkutan dengan penjualan dan menganalisis mengenai strategi pemasaran melalui pendekatan 4P (Product, Price, Place, and Promotion) serta menganalisa menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakkan pada penelitian ini adalah deskripsi dengan studi kasus pada obyek penelitian yang menggunakan metode observasi, dan Wawancara Pribadi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran dilakukan agar perusahaan dapat bertahan dari persaingan industri yang ketat, perbaikan menggunakan strategi pemasaran untuk Memberikan Solusi pemecahan masalah terhadap Bisnis Penjualan yang menurun juga dapat diketahui secara pasti tiap-tiap gejala yang mengakibatkannya mengunakan Analisa SWOT agar nantinya dapat memberikan bantuan untuk PT. Jinwoo Engineering Indonesia ke masa ber-operasi pada periode berikutnya.

Published
2024-12-26
How to Cite
RAHMAN, Ariful. Analisis Manajemen Pemasaran Pada PT. Jinwoo Engineering Indonesia Dengan Metode SWOT. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 119-122, dec. 2024. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5786>. Date accessed: 25 july 2025.