PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN KEWIRAUSAHAAN PADA UMKM DESA BLETOK KECAMATAN BUNGATAN KABUPATEN SITUBONDO

  • Muhammad Iqbal Anshory Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Hendra Syahputra Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

UMKM merupakan pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian indonesia, UMKM juga memiliki peran yang sangat besar dalam membangun dan pertumbuhan ekonomi khususnya di Indonesia. Strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan UMKM salah satunya melalui strategi pemasaran dengan mengunakan metode digital marketing. Sehingga disanalah pemerintah daerah hadir untuk memberikan berbagai solusi melalui kebijakannya. UMKM yang ada di Desa Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo rata-rata pengahasil produk kerajinan tangan, rengginang dan ikan asin. Pemasaran saat ini paling banyak menggunakan digital contohnya WhatsApp, Instagram, dan aplikasi-aplikasi pemasaran online. Program pengabdian ini dapat mengoptimalkan teknologi informasi dan media sosial. Metode yang dilakukan analisis situasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi dari hasil yang digunakan. Hasil kegiatan ini adalah: 1. Meningkat kreativitas UMKM untuk pembuatan video dan gambar yang dimasukkan dalam media sosia dan aplikasi digital marketing 2. Masyarakat termotivasi menjadi seorang wirausaha 3. Kelompok UMKM dapat termotivasi untuk mengembangkan produk melalui strategi digital marketing. 3. Melalui kegiatan ini masyarakat mendapat referensi penerapan strategi digital marketing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-02
How to Cite
ANSHORY, Muhammad Iqbal; SYAHPUTRA, Hendra. PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN KEWIRAUSAHAAN PADA UMKM DESA BLETOK KECAMATAN BUNGATAN KABUPATEN SITUBONDO. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 18-27, dec. 2024. ISSN 2809-4670. Available at: <https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/5592>. Date accessed: 25 july 2025. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v4i1.5592.
Section
Articles