@article{cendekiapendidikan, author = {Adam Maulana and Zafira Az Zahra and Chorry Novita Harianja and Nurhaswindah Nurhaswindah}, title = { LOGIKA MATEMATIKA (Konsep Dasar Logika Matematika)}, journal = {CENDEKIA PENDIDIKAN}, volume = {4}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Logika matematika merupakan cabang penting dalam matematika yang memerlukan pemahaman konsep yang mendalam agar dapat diaplikasikan dalam berbagai masalah matematis. Salah satu metode yang terbukti efektif dalam mengajarkannya adalah model pembelajaran kooperatif, yang memiliki karakteristik seperti saling ketergantungan positif (positive interdependence), interaksi langsung antar siswa (face-to-face interaction), tanggung jawab individu dan kelompok (individual & group accountability), keterampilan interpersonal dan kelompok kecil (interpersonal & small-group skills), serta proses kerja kelompok (group processing). Dengan ketergantungan positif, setiap siswa saling bergantung untuk mencapai tujuan bersama, yang menciptakan suasana kolaboratif. Interaksi langsung memungkinkan siswa untuk berdiskusi dan saling memberi umpan balik, sementara tanggung jawab individu dan kelompok mendorong partisipasi aktif. Keterampilan interpersonal yang diperoleh juga sangat bermanfaat dalam kehidupan sosial, dan proses kerja kelompok membantu siswa merefleksikan dan meningkatkan efektivitas kerja mereka. Secara keseluruhan, model pembelajaran kooperatif sangat efektif dalam membantu siswa memahami materi logika matematika dengan cepat dan mudah, sambil mengembangkan keterampilan sosial dan akademik yang penting.}, issn = {2964-0997}, pages = {38--45}, doi = {10.36841/cendekiapendidikan.v4i1.6089}, url = {https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6089} }